Selamat Datang dan Terimakasih atas kunjungannya -> Kumpulan Informasi Purwodadi,Grobogan,Jawa Tengah dan Indonesia <- dikutip dari berbagai sumber media

Jenis Jenis Termometer dan Kegunaan Masing Masing Termometer

/ On : 26.12.17/ INFO PURWODADI,GROBOGAN,JAWA TENGAH DAN INDONESIA
Termometer adalah alat yang digunakan untuk pengukuran temperatur. Mereka terutama terdiri dari dua jenis yaitu listrik dan non-listrik. Termometer berdasarkan mekanisme kerja seperti merkuri dalam gelas atau tekanan uap dikelompokkan kedalam jenis termometer non-listrik, sedangkan termometer listrik biasanya menggunakan semikonduktor seperti dioda dan resistor di dalamnya.

Termometer diambil dari dari kata Yunani yaitu thermo dan meter, di mana thermo berarti panas dan meter berarti untuk mengukur. Ini adalah perangkat penting yang digunakan untuk pengukuran suhu atau gradien suhu.

Ada berbagai jenis termometer untuk mengukur suhu tetapi menggunakan berbagai jenis metode. Untuk lebih mengenal termometer sebagai salah satu kebutuhan kita sehari-hari ada bauknya menyadari beberapa jenis yang umum dari termometer yang tercantum di sini.



Termometer bimetal

Termometer bimetal – Mereka terutama digunakan untuk mengukur suhu gas dan cairan. Ini terdiri dari unsur yang dibentuk dengan menempatkan dua bahan logam yang berbeda bersama-sama. Ketika suhu dinaikan, unsur-unsur logam ingin memperluas, dan karena komposisi mereka berada pada tingkat yang berbeda mereka melakukan ekspansi atau memuai dengan besar yang juga bervariasi. Gangguan ini tercermin dalam unsur yang dalam bentuk semi datar, dan gerak mereka tercermin oleh indikator. Mereka memiliki tingkat akurasi yang umumnya sedang.

Termometer tabung kaca
Termometer tabung kaca – termometer ini sangat umum. Mereka memanfaatkan properti cairan seperti merkuri atau raksa. Ekspansi cairan pada penerapan panas adalah konsep sentral dari termometer tersebut. Ini memiliki dua bagian dasar – satu bagian adalah gelembung yang menampung cairan dan yang lainnya adalah batang yang terdiri dari skala dan kapiler yang akan dilalui cairan saat mengembang atau terjadi kontrak dengan benda bersuhu tinggi. Mereka dapat ditemukan dalam jumlah besar di pasar dan mereka murah dan mudah untuk dibawa. Salah satu kelemahan terbesar dengan termometer ini adalah mereka tidak mampu dalam mengukur variasi suhu tiba-tiba.

Termometer resistor

Termometer resistor- termometer ini bekerja menggunakan konsep hambatan listrik yang bervariasi dalam logam murni akan terkait dengan perubahan suhu. Getaran termal menghambat aliran elektron dalam logam. Dengan naiknya suhu, hambatan juga akan meningkat, dan konsep ini sangat adalah konsep sentral dalam termometer ini. Umumnya, mereka menggunakan kawat platinum untuk termometer, namun tembaga, nikel dan paduan rhodium juga dapat kadang-kadang digunakan untuk rentang suhu yang berbeda. Mereka dikenal memiliki akurasi tinggi. Namun, mereka mahal dibandingkan termometer cair dalam kaca.

Termometer digital

Termometer digital – termometer bebas merkuri ini mudah digunakan dan hasil bacaan dapat ditampilkan dalam bentuk yang lebih nyaman. Mereka mengandung sensor thermo seperti termistor dalam tip yang merasakan suhu dan memberikan hasil yang instan dan akurat terutama selama rentang suhu tubuh. Termistor pada dasarnya adalah sebuah resistor dengan resistensi yang mengalami perubahan saat terjadi perubahan suhu. Hal ini dapat digunakan untuk merekam suhu mulut, dan dubur.

Termometer Termokopel

Termometer Termokopel – termometer ini digunakan untuk pengukuran dari perbedaan suhu antara dua ti-tik. Oleh karena itu, tidak digunakan untuk pengukuran temperatur absolut. Hal ini didasarkan pada efek yang ditemukan oleh Seedbeck, Peltier dan Thomson. Hal ini dibuat oleh logam yang berbeda yang bergabung pada tingkat sensor yang berbeda. Diferensial suhu dihitung dengan menghitung perbedaan tegangan antara logam. Dengan demikian, untuk mengukur suhu, ia harus memiliki beberapa referensi untuk suhu yang dikenal.

Termometer inframerah

Termometer inframerah – termometer ini menggunakan kristal yang sensitif terhadap radiasi inframerah atau panas. Ketika mendeteksi panas, maka itu memancarkan sinyal dan kekuatan sinyal ini memberikan bacaan suhu. Bolometers dan Pyrometer juga jatuh dalam kategori beberapa jenis termometer inframerah. Salah satu kualitas eksklusif itu adalah didasarkan pada mekanisme non kontak yang membuat mereka sangat mudah digunakan. Kerugian terbesar dari itu adalah hanya mampu mengukur suhu permukaan benda.

Termometer kristal cair

Termometer kristal cair- Mereka menggunakan kristal cair cholesteric. Mereka mengekspresikan temperatur dalam warna. Mereka mampu mendeteksi perubahan suhu yang terjadi karena aliran panas oleh konduksi, radiasi atau konveksi. Suhu yang ditunjuk muncul lebih gelap pada muka yang tercermin dari pembacaan.

0 komentar:

Post a Comment

PROMOSI DI HALAMAN UTAMA LINGKAR PURWODADI GROBOGAN CUKUP ISI KOLOM KOMENTAR ( FREE)

Widget edited by pancasila civil community

Alat Ukur Digital Murah Berkwalitas

Timbangan Digital Best Seller

PLR TIKTOK MARKETING TERHITS

Panduan Program Hamil

Panduan Program Hamil
Dr Rosdiana Ramli Spog

Cara Merawat Bayi Lengkap

Cara Merawat Bayi Lengkap
Panduan Merawat Bayi Usia 0 - 5 Tahun