Selamat Datang dan Terimakasih atas kunjungannya -> Kumpulan Informasi Purwodadi,Grobogan,Jawa Tengah dan Indonesia <- dikutip dari berbagai sumber media

DESA SEDADI PENAWANGAN -SEJARAH DAN POTENSINYA

/ On : 27.4.14/ INFO PURWODADI,GROBOGAN,JAWA TENGAH DAN INDONESIA
Sejarah Desa Sedadi , Kecamatan Penawangan Grobogan

Nama Desa Sedadi berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, 'set' yang artinya sangat cepat, dan 'dadi' yang artinya jadi. Konon pada masa Kesultanan Demak, wilayah ini masih berupa hutan belantara. Suatu ketika datang seorang ulama beserta rombongan santri dari Demak untuk menyebarkan ajaran agama Islam, kemudian mereka membuka hutan belantara tersebut untuk dijadikan daerah pemukiman. Dalam waktu singkat, hutan tersebut telah berubah menjadi daerah pemukiman. Karena cepatnya pekerjaan mereka, sejak peristiwa itu, daerah tersebut dinamakan Sedadi sampai sekarang.

Transportasi  Desa Sedadi , Penawangan

Stasiun Kereta Api sedadi : Stasiun Sedadi merupakan sarana umum yang vital untuk masyarakat sedadi dan masyarakat sekitar sedadi seperti,Desa katong, ketanggan, DesanLajer, Karang Rowo dan lainnya , sebagai stasiun transit atau feeder untuk melakukan perjalanan ke Jakarta, Semarang, Cepu, Bojonegoro atau Surabaya.Tahun lalu masih berhenti di stasiun ini untuk jenis Kereta KRD Jurusan Semarang Cepu , Kereta Feeder Ekonomi poncol semarang-Bojonegoro dan sebaliknya.

Angkutan Umum 
Angkot Jurusam sedadi-Purwodadi No jalur E
Desa sedadi juga dilalui tranportasi umum minibus Kecil , kalo di Jakarta kita biasa memanggil koasi, kwk, trayek yang dilaluinya Pasar Purwodadi -Sedadi , denger denger sudah sampai Desa tetangga yaitu Desa Lajer ,untuk rute yang dilalui dari purwodadi, Danyang, Genuk suran, Candi sari, Pengkol dan berakhir di Desa sedadi dan Desa Lajer
yang disayangkan adalag kondisi jalan yang lumayan parah dan rusak terutama dari Desa Pengkol sampai Sedadi ,  jadi sedikit kurang nyaman untuk berkendara dengan mobil, motor dan menggunakan tranpostasi umum.moga moga secepatnya cepat bagus jalan utama sedadi tahun ini.

Delman disebut juga Dokar
Merupakan Transportasi alternative lainnya yang digunakan masyarakat untuk kepasar membeli kebutuhan sehari hari , sayur mayur, bahkan kebutuhan sekunder lainnya.Biasanya saat pasar Pahingan sedadi, banyak lalu lalang para pak kusir dengan Delmannya.

Potensi pertanian Desa Sedadi
Desa sedadi memiliki potensi tinggi untuk sektor pertanian, Desa penghasil padi , jagung, palawija , agriculture lainnya seperti tanaman buah Melon, Semangka bahkan tembakau sebagai komoditi andalan masyarakat Desa sedadi.

Bendungan Irigasi 
Ada 2 bendungan di sedadi, tergolong besar untuk Bendungan di Jawah Tengah :

Bendungan Sedadi 1, yang terletak di bagian utara dari Balai Desa Sedadi, tepatnya dekat dengan jembatan kereta api jurusan Jakarta -Surabaya

Bendungan Sedadi 2, Bendungan Lanang kadang masyarakat sekitar dengan sebutan Jurang kretek, berlokasi di dusun Tawar sebelah selatan Desa sedadi yang berbatasan dengan desa Lajer.

Kuliner di sedadi Penawangan, salah satu yang terkenal adalah Lontong Sayur lek Narti , Fried corn atau disebut warneng bahan dasar dari Jagung banyak diminati masyarkat sedadi sebagi oleh oleh ketika mudik yang terkenal warning ibu Rasiyem dusun Kauman sedadi, warung bakso yang terkenal adalah warung bakso Tomo Dusun Ngagrok , sebelah jembatan Kereta api. 

Sekolah di Desa sedadi

Paud dan Tk Sedadi
Sekolah Dasar :SD 1, SD 2, SD 3 Sedadi
SMP 2 Negeri Penawangan
MTS Negeri  Penawangan
SMU Negeri 2 Toroh (Sedadi)

Itulah ulasan desa Sedadi, ketika penulis berkunjung tentunya masih banyak kekurangannya dan masih banyak potensi dari desa Sedadi  yang belum di Publish,,
silahkan bagi rekan rekan untuk menambahkan hal hal positif lainnya terkait desa Sedadi.

Dengan memberikan tanggapan di kolom komentar , masihkah ada yang perlu ditambahkan?

1 komentar:

Anonymous said...

ngayang

Post a Comment

PROMOSI DI HALAMAN UTAMA LINGKAR PURWODADI GROBOGAN CUKUP ISI KOLOM KOMENTAR ( FREE)

Widget edited by pancasila civil community

Alat Ukur Digital Murah Berkwalitas

Timbangan Digital Best Seller

PLR TIKTOK MARKETING TERHITS

Panduan Program Hamil

Panduan Program Hamil
Dr Rosdiana Ramli Spog

Cara Merawat Bayi Lengkap

Cara Merawat Bayi Lengkap
Panduan Merawat Bayi Usia 0 - 5 Tahun