Selamat Datang dan Terimakasih atas kunjungannya -> Kumpulan Informasi Purwodadi,Grobogan,Jawa Tengah dan Indonesia <- dikutip dari berbagai sumber media

Produk Unggulan Purwodadi-Grobogan

/ On : 16.5.12/ INFO PURWODADI,GROBOGAN,JAWA TENGAH DAN INDONESIA

Komoditi Unggulan

Padi
padiProduksi padi di Kabupaten Grobogan pada tahun 2004 mencapai 598.649 ton dengan luas panen 99.475 Ha. Dengan produktivitas rata-rata 6,1 ton/Ha setiap kali panen, menjadikan Kabupaten Grobogan sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Tengah. Sentra produksi padi berada di Kecamatan Godong, Penawangan, Ngaringan dan Toroh.

Melon
melonSentra usaha budi daya tanaman melon merah berada di wilayah Kecamatan Toroh dan Brati. Praoduksi rata-rata per tahun sebanyak 38 ton/Ha. Selain melon merah, Kabupaten Grobogan telah lama sukses membudidayakan melon kuning dan melon putih. Produksi melon merah selama ini dipasarkan ke beberapa daerah, diantaranya Demak, Semarang, Pati dan Surabaya.

Jagung
jagungTotal produksi jagung hibrida pada tahun 2004 mencapai 483.561 ton dengan luas panen 94,243 Ha. Sentra produksi tanaman jagung mencakup empat kecamatan, yaitu Gabus, Pulokulon, Wirosari dan Kradenan. Jagung memiliki prospek yang sangat cerah di masa mendatang, mengingat adanya peluang pasar potensial di luar Kabupaten Grobogan. Dengan dukungan teknologi, jagung bisa dikembangkan menjadi produkk olahan yang sangant beragam mulai dari makanan ternak, tepung jagung, minyak jagung hingga produk-produk pangan olahan.

Batu Kapur
batuDi wilayah Kabupaten Grobogan terdapat gunung kapur termasuk dalam gugus Pegunungan Kendeng Utara. Gunung Kapur ini menyimpan deposit batu kapur di Kabupaten Grobogan menempati urutan ketiga besar di Jawa Tengah setelah Kabupatan Wonogiri dan Kebumen. Lokasi penambangan dan pengolahan batu tersebut berada di Kecamatan Grobogan dan Tanggung Harjo. Total penambangan pada saat ini mencapai 12.000 ton/tahun. Hasil produksi kapur dipasarkan ke beberapa daerah, yaitu Kabupaten Klaten, Semarang, Salatiga dan beberapa daerah di luar Pulau Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera.

Genting Pres
gentengTotal produksi genteng pres pada tahun 2001 mencapai 394.050.000 buah/tahun. Dengan bahan baku berupa tanah liat yang tersedia melimpah di lokasi, usaha pembuatan genteng pres ini dapat melakukan produksinya secara kontinyu. Sentra produksi genteng pres berada di kecamatan wirosari dengan jangkauan pemasaran hingga ke kota besar di Jawa Barat dan Jawa Timur. Potensi pasar yang sangat besar dengan ditunjang bahan baku yang mudah di dapat menjadikan genteng pres sebagai produk unggulan yang sangat berpeluang untuk pengembangan investasinya.

Industri Mebel
mebelSentra industri mebel terdapat di tiga kecamatan yaitu kecamatan Godong, Gabus, dan Purwodadi. Khusus industri mebel di Kecamatan Godong telah mampu memenuhi permintaan elspor dari produk garden dari Negara-negara Amerika, Turki, Vietnam dan Australia. Ketersediaan bahan baku kayu jati yang besar menjamin kontinuitas produksi industri mebl kayu di Kabupaten Grobogan. Produk mebel yang di hasilkan selain furniture adalah gebyok dan berbagai macam pintu.
Sumber :dinkopumkm.grobogan.go.id

1 komentar:

Blog : SW Creation said...

semoga maju ekonomi grobogan

Post a Comment

PROMOSI DI HALAMAN UTAMA LINGKAR PURWODADI GROBOGAN CUKUP ISI KOLOM KOMENTAR ( FREE)

Widget edited by pancasila civil community

Alat Ukur Digital Murah Berkwalitas

Timbangan Digital Best Seller

PLR TIKTOK MARKETING TERHITS

Panduan Program Hamil

Panduan Program Hamil
Dr Rosdiana Ramli Spog

Cara Merawat Bayi Lengkap

Cara Merawat Bayi Lengkap
Panduan Merawat Bayi Usia 0 - 5 Tahun